Webinar: Definisi untuk Berbagai Jenis

webinar adalah zoom

Seiring perkembangan zaman, teknologi telah mulai menjadi solusi yang efektif untuk mengatasi berbagai masalah. Tak terkecuali, di dunia pemasaran dan penyebaran informasi. Saat ini, webinar adalah salah satu media yang mulai digunakan untuk berbagi informasi. Pernahkah Anda mendengar nama ini?

Webinar adalah singkatan dari seminar web, yang merupakan seminar yang dilakukan melalui situs web atau aplikasi berbasis internet. Teknik seminar ini memungkinkan pembicara untuk berbagi materi melalui media elektronik dan internet. Berikut ini kita akan membahas manfaatnya, beberapa jenis webinar yang dapat Anda terapkan sesuai dengan hasil akhir yang Anda tuju, bagaimana webinar bekerja yang perlu Anda pelajari terlebih dahulu.

Keuntungan Menggunakan Webinar

Untuk Peserta

Jika Anda adalah seseorang yang selalu ingin mendapatkan pengetahuan dari berbagai sumber, menghadiri webinar adalah cara yang bagus untuk mulai menggali informasi yang Anda butuhkan. Ada berbagai jenis topik yang disediakan oleh pembuat webinar, mulai dari tips dan trik, bagaimana mengoperasikan suatu sistem, atau merumuskan strategi bisnis.

Untuk Pemasar / Pemasar

Di sisi lain, jika Anda seorang marketer yang ingin menangkap mengarah atau mempromosikan produk tertentu, webinar adalah salah satu langkah tepat yang dapat Anda ambil. Jika Anda bisa menjalankannya secara optimal, akan ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan. Mulai dari menangkap mengarah mengiklankan merek, Berikut adalah manfaat menggunakan webinar untuk berbagi informasi:

  1. Mengumpulkan kontainer mengarah

    Sama seperti mengumpulkan anggota yang memiliki satu kesamaan, mengarah apa yang akan Anda dapatkan adalah orang-orang yang tertarik dengan penawaran situs web Anda. "Pemirsa" ini adalah orang yang ingin mengetahui lebih banyak tentang informasi yang Anda tawarkan. Karena itu, perhatikan pemilihan topik.

  2. Koleksi bantuan umpan balik

    Jika Anda ingin mengetahui hasil kampanye atau promo yang telah Anda lakukan, Anda dapat memberikan kuesioner melalui webinar. Selain itu, jika Anda membutuhkan inovasi baru untuk bisnis Anda, Anda juga dapat menggunakan media ini. Persiapkan pertanyaan yang relevan sehingga mereka dapat memberikan jawaban atau solusi yang Anda butuhkan.

  3. Media promosi produk atau kampanye terbaru

    Anda juga dapat menggunakan webinar untuk berbagi informasi tentang peluncuran produk atau kampanye terbaru yang sedang Anda jalankan. Tetapi jangan lupa, prioritaskan kualitas materi yang akan didistribusikan di seminar. Alasannya, seminar yang berkualitas adalah ketika seminar bisa bermanfaat bagi banyak orang.

  4. Menunjukkan keunggulan atau keahlian bisnis merek

    Selain membagikan materi yang bermanfaat, Anda juga dapat berbagi informasi tentang produk yang Anda tawarkan. Sekalipun Anda menyelipkan iklan di tengah materi, tetapi ingat, berikan juga materi yang bermanfaat. Anda dapat meyakinkan peserta webinar terlebih dahulu melalui materi yang meyakinkan, lalu Anda bisa melakukannya laris produk Anda di akhir seminar.

Jenis-jenis Webinar

Jangan membuat kesalahan, ada beberapa jenis video yang sering disalahartikan sebagai webinar. Seorang pecinta bahasa Indonesia, Ivan Lanin, pernah berbagi menciak tentang dua istilah lain yang dipahami sebagai webinar;

Web siaran (webcast) yang diartikan ke bahasa Indonesia sebagai "siaran web" berbeda dari webinar berdasarkan jumlah pemirsa karena webcast dapat "dihadiri" oleh ribuan orang atau lebih, jauh lebih dari webinar yang hanya bisa dihadiri oleh puluhan hingga ratusan orang.

Web konferensi atau videonya konferensi yang dalam bahasa Indonesia merupakan teleconference (telecon) juga berbeda dari webinar jika dilihat dari arah komunikasi, karena webinar biasanya terjadi dari satu arah sedangkan peserta dalam telecon biasanya dapat berdiskusi dengan pembicara.

Agar Anda tidak salah, pahami jenis webinar berikut dari entrepreneur.com:

  • Generasi Pimpinan atau Penjualan Webinar

Ini adalah jenis webinar yang sering digunakan oleh pemasar untuk menambah jumlahnya mengarah. Jenis webinar ini biasanya hanya meminta peserta untuk mendaftarkan data pribadi dan email mereka di situs web. Sebagai gantinya, panitia akan menyediakan akses ke webinar dan materi atau modul yang akan dibutuhkan selama seminar. Jika Anda seorang pemasar yang ingin menjalankan webinar jenis ini, pastikan Anda tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan jumlah mengarah, tetapi pada saat yang sama dapat memberikan pengetahuan atau informasi yang benar-benar bermanfaat bagi peserta seminar, karena tujuan dari webinar adalah untuk memberikan pemahaman bagi audiens.

  • Webinar Nirlaba Satu Kali

Terus terang, jika Anda seorang pemasar, Anda akan mencari manfaat langsung melalui webinar ini. Karena para peserta yang ingin mengambil bagian dalam webinar ini harus membayar terlebih dahulu jika ingin mendaftar. Namun, keuntungan yang dapat diperoleh oleh peserta webinar adalah pembicara profesional, topik berkualitas, dan "manfaat" yang menjanjikan dalam bentuk pengetahuan sesuai dengan jumlah uang yang dihabiskan. Jika tugas Anda adalah mempersiapkan webinar yang satu ini, tentukan harganya sesuai dengan kualitas yang Anda tawarkan, ya!

  • Multi-Modul Webinar atau Seri Webinar

Jenis webinar ini bisa disebut jenis webinar yang paling mendalam. Karena webinar ini dibagi menjadi lebih dari satu episode, topik yang dipilih tentu dapat dijelaskan secara komprehensif. Selain itu, peserta juga memiliki lebih banyak peluang jika mereka ingin mengajukan pertanyaan dan pertanyaan yang mungkin menjadi topik seri webinar berikutnya. Apa pun topik yang Anda pilih, pastikan peserta yang menghadiri webinar dapat memperoleh manfaat di akhir seri webinar sehingga waktu yang mereka habiskan untuk menghadiri webinar tidak berguna.

Ada kesenjangan antara informasi dan pengetahuan, temukan cara Anda dapat mendidik calon pelanggan Anda yang saat ini menjadi sasaran webinar. Letakkan pembicara sebagai ahli, bantu mereka untuk mencapai tujuan yang ingin mereka capai sesuai dengan fungsi dan porsi yang dapat Anda lakukan dan lihat bagaimana bisnis Anda tumbuh. Jika Anda seorang peserta dalam webinar, cari pembicara yang ahli di bidangnya, dan kemudian tentukan apakah webinar dapat membantu meningkatkan pengetahuan Anda tentang suatu diskusi atau tidak.

Pilih Media Webinar

Mempertimbangkan bahwa webinar adalah seminar web yang diadakan melalui koneksi internet, saat ini terdapat berbagai aplikasi hidup mengalir video yang dapat Anda gunakan untuk melakukan webinar. Pertama, sesuaikan menurut topik, pembicara, waktu dan durasi webinar, dan jumlah peserta yang Anda harapkan. Setelah itu, pilih salah satu dari berbagai platform yang terdiri dari media sosial untuk aplikasi seperti berikut:

  • Perbesar

webinar adalah zoom

  • YouTube Live

webinar adalah youtube live

  • Facebook atau Instagram Live

Webinar itu adalah live ig

  • GoToWebinar

  • WebinarJam

  • Ninja Webinar

Dari keenam nama di atas, adakah yang Anda tahu, mungkin Anda sering menggunakan untuk menonton atau menampilkan webinar? Mari bagikan di kolom komentar !!

Alur Kerja Webinar

Tanpa harus bertemu langsung, Anda bisa mengadakan seminar yang bisa dihadiri lebih dari jumlah target seminar yang Anda harapkan. Namun, Anda harus dapat memperkirakan bagaimana Anda dapat menyusun webinar yang berhasil menarik target. Karena itu, Anda harus terlebih dahulu memahami cara kerja webinar.

Saat menghadiri seminar, Anda harus pergi ke lokasi spesifik tempat seminar diadakan. Selain meluangkan waktu untuk menghadiri seminar, terkadang juga butuh biaya untuk pergi ke tempat seminar. Tetapi, dengan webinar, Anda dapat memangkas biaya untuk datang ke seminar, tetapi sebagai konsekuensinya, Anda harus menyediakan koneksi internet yang cepat. Beberapa hal yang perlu Anda sediakan untuk menghadiri webinar adalah:

    1. Perangkat elektronik seperti laptop / komputer.
    2. Email aktif untuk mendaftar dan menerima tautan yang mengarahkan Anda ke video webinar.
    3. Koneksi internet yang stabil dan cepat dengan aplikasi browser (Chrome, Safari, Mozilla Firefox).
    4. Headset / pengeras suara.

Setelah itu, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Daftar untuk webinar di situs web berhubungan dengan.
  2. Salin itu tautan yang akan mengarahkan Anda ke video selama webinar. Biasanya tautan ini dilampirkan pada email konfirmasi, periksa email yang Anda gunakan untuk mendaftarkan webinar.
  3. Perhatikan jadwal webinar, jika perlu, buat pengingat di ponsel atau laptop Anda.
  4. Jangan lupa Anda harus "hadir" selama webinar. Siapkan catatan jika perlu.

Tidak hanya menghemat waktu dan uang yang Anda habiskan untuk pergi lokasi seminar, Anda juga dapat memilih sendiri di mana Anda ingin menghadiri webinar ini, selama Anda tidak melupakan koneksi internet yang cepat dan stabil. Tidak hanya itu, Anda juga dapat memutar ulang rekaman jika Anda kehilangan beberapa poin. Namun, bagaimana jika Anda bisa menonton acara webinar sebelumnya? Lihatlah poin-poin berikut.

Webinar a la Dewaweb

Menghadapi pandemi COVID-19 yang mengharuskan kita untuk belajar, bekerja, dan beribadah dari rumah, Dewaweb ingin menjadi mitra Anda untuk mencapai kesuksesan online dengan belajar melalui webinar. Bagi Anda yang ingin belajar banyak tentang pemasaran digital, SEO, atau bisnis online, Anda dapat mengambil bagian dalam webinar Dewaweb, yaitu Dewatalks. Tidak hanya mengikuti webinar yang akan datang, Anda juga dapat menonton pertunjukan webinar sebelumnya dari sini.

Gratis, Anda bisa mendapatkan pengetahuan bermanfaat yang disampaikan langsung oleh pembicara yang ahli di bidangnya. Plus, Anda juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan sertifikat elektronik, voucher hosting, sampai hadiah dari Dewaweb. Gali lebih banyak informasi tentang Dewatalks dengan mengklik gambar berikut!

webinar adalah pembicara

Kesimpulan

Setelah memahami definisi untuk jenis webinar berdasarkan kebutuhan, apakah Anda tertarik untuk mulai mengambil kelas webinar? Di sisi lain, apakah Anda seorang pemasar siap memegang webinar sehingga Anda dapat mencapai target pemasaran yang Anda tetapkan? Semuanya kembali ke kebutuhan Anda.

Baca juga: SEO Video (8 Tips untuk Meningkatkan Peringkat Video)

Setelah Anda menyiapkan konsep webinar, pastikan Anda juga telah menyiapkan profil yang meyakinkan sehingga calon peserta di situs web Anda tidak perlu mempertanyakan kredibilitas. merek-Anda lagi, misalnya dengan membuat situs web yang berisi informasi merek atau artikel berkualitas yang relevan. Apa pun jenis webinar yang Anda pilih, ingatlah dua hal ini: pelatihan dan interaksi. Setiap seminar yang memiliki kedua poin di atas dan dipersiapkan dengan cermat, pasti akan memberikan hasil maksimal.

Posting Webinar: Definisi untuk Berbagai Jenis muncul pertama kali di Blog Dewaweb.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*