Buat Situs Web Gratis dengan Google Bisnisku

Kelola situs web gratis Anda sekarang

Untuk usaha kecil dan menengah atau UKM, buat situs web bisa menjadi tantangan. Sebagian besar bisnis UKM belum memiliki keterampilan teknis atau waktu untuk membuat dan mengelola situs web mereka sendiri, meskipun ada beberapa cara untuk mendapatkannya situs web Gratis. Meskipun media sosial saat ini mengendalikan pemasaran online, tetapi penelitian yang dilakukan oleh BrightLocal menyatakan bahwa 32% orang percaya bahwa Google Bisnisku dapat memberikan informasi yang lebih akurat.

Menurut WPForms pada tahun 2018, kurang dari 64% usaha kecil masih belum memiliki situs web resmi untuk bisnis mereka. Sumber yang sama juga menyatakan bahwa 35% pemilik bisnis merasa bisnis mereka masih terlalu kecil untuk memiliki situs web. Artinya, situs web masih menjadi masalah bagi bisnis. Akibatnya, Google memutuskan untuk menambahkan fitur ke layanannya untuk membantu usaha kecil menangani masalah ini.

Situs web gratis di Google Bisnisku

Pernahkah Anda mendengar tentang Google Bisnisku (GMB) atau Google Bisnisku? Jika Anda tidak tahu, Google Bisnisku adalah a alat dari Google dibuat khusus untuk membantu bisnis Anda mendapatkan informasi atau "biodata" di Google secara gratis. Informasi ini akan muncul jika seseorang mencari bisnis Anda atau kata kunci terkait di Google Search dan Google Maps. Saat ini, Google Bisnisku juga menawarkan layanan untuk membuat dan mengelola situs web mudah bagi pebisnis pemula.

Ini adalah fitur situs web gratis yang akan membantu Anda memiliki situs web gratis yang dapat dikelola melalui dasbor Google Bisnisku. Melalui format pembangun situs web, kamu bisa dengan mudah membuatnya situs web bisnis dengan detail yang telah Anda tambahkan tentang bisnis Anda.

Meskipun tidak banyak pilihan untuk desain halaman, ini adalah salah satu cara termudah untuk pebisnis pemula atau jika Anda ingin mencoba membuatnya situs web untuk bisnis Anda. Selain tidak harus membayar biaya, situs web-mu secara otomatis juga lebih mudah untuk masuk ke daftar kepemilikan bisnis (daftar) di Google sehingga Anda dapat mengetahui apakah ada perubahan atau pembaruan informasi dari Google Bisnisku, meskipun sebenarnya ada pilihan yang lebih baik untuk membuat situs web.

Cara Membuat Situs Web Gratis dengan Google Bisnisku

Mengingat situs web Gratis ini adalah bagian dari Google Bisnisku, jadi kamu harus punya akun Google Bisnisku sebelum membuat situs web bebas dari milikmu. Pelajari cara membuat akun Google Bisnisku di artikel Lengkap Google Bisnisku. Jika Anda sudah memiliki akun Google Bisnisku, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat situs web bebas dari Google Bisnisku.

  1. Kunjungi halaman Google Bisnisku, lalu masuk untuk masuk dasbor dengan mengklik Kelola Sekarang.
    Kelola situs web gratis Anda sekarang
  2. Setelah di halaman dasbor, klik "Situs" di menu sebelah kiri seperti yang ditunjukkan.
    situs web gratis
  3. Tentukan nama yang ingin Anda gunakan untuk nama tersebut situs web gratis dari Google Bisnisku. Namun, karena nanti Anda akan mendapatkannya situs web itu gratis, mau tidak mau Anda harus mengikuti aturan Google untuk menambahkan ekstensi domain ".business.site".
    Tampilan edit situs web gratis
  4. Anda dapat menyesuaikan tampilannya situs web-Anda terlebih dahulu dengan mengklik ikon di sebelah kiri dalam kotak di gambar.
    menu situs web gratisInformasi:
    1 Tema. Kurang lebih, ada 10 tema dasar dengan fonta berbeda yang dapat Anda gunakan untuk menciptakan suasana seperti apa yang ingin Anda tampilkan situs web bebas dari milikmu.
    2 Edit. Di "Edit", Anda dapat menambahkan lebih banyak informasi lengkap yang terkait dengan bisnis Anda yang nantinya akan ditampilkan di Google Search dan Google Maps.
    3 Foto. Pilih gambar yang ingin Anda gunakan tajuk untuk situs web gratis Anda.
    4 Lainnya. Di menu ini, Anda dapat mengatur nama domain, memverifikasi nama domain di Google Maps dan Google Search untuk membaca tips untuk mendapatkan pelanggan melalui Google Ads.
  5. Setelah selesai, klik Terbitkan di kanan atas seperti yang ditunjukkan di bawah ini.
    publikasi situs web gratis

Situs web itu gratis dari Google Bisnisku sudah siap. Saat ini, Anda dapat mengunggah beberapa gambar atau foto produk Anda di menu "Foto". Selain itu, pengunjung situs web-Anda juga dapat mencari tahu secara spesifik di mana bisnis Anda berada di Google maps dan meninggalkan testimonial yang terkait dengan bisnis Anda.

Namun, saat ini Anda tidak dapat menambahkan menu untuk meletakkan katalog atau mengedit tampilan situs web seperti warna, font, dan bahkan tema khusus untuk toko online. Jika Anda memutuskan untuk membeli domain di Google, Anda akan dipatok sekitar Rp 165 ribu untuk domain saja.

<! –Unduh Dewaweb Online Success eBooks gratis->

Uang kembali 30% Dewaweb

Google My Business Website Optimization

Ada beberapa proses yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki penampilan situs web gratis di Google Bisnisku, begini caranya.

Ubah desain menjadi tema yang sesuai. Fitur tema akan mengubah desain dan tampilan situs web-anda. Desain situs web itu telah menjadi faktor penting dalam manufaktur situs web. Pastikan tema yang Anda pilih sesuai merek bisnis Anda Tema ini juga akan berpengaruh fonta di situs web-anda. Jadi, pastikan juga Anda menyukai tampilannya berita utama dan deskripsi di situs web-anda.

Unggah foto berkualitas tinggi. Pastikan Anda menggunakan foto dengan kualitas baik. Foto sampul di situs web-Tentu saja Anda sangat penting karena ini juga akan dilihat oleh pengunjung di Google daftar. Ubah foto sampul di situs web gratis dengan mengklik Sampul di menu Foto seperti yang ditunjukkan.perubahan situs web gratis mencakup "width =" 696 "height =" 236

Pilih Ajakan Bertindak (CTA) yang baik. Setelah mengedit, Anda dapat memilih dari beberapa tombol utama yang banyak digunakan, pilih yang sesuai dengan tujuan dan bisnis Anda. Misalnya, jika bisnis Anda bergerak di bidang jasa, Anda dapat memilih tombol Dapatkan Penawaran itu akan bertanya pengunjung situs web untuk mengisi formulir yang nantinya akan dikirim ke akun email Anda. Ada beberapa CTA yang bisa Anda pilih. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Mendapatkan petunjuk. Menunjukkan jalan ke lokasi bisnis Anda melalui Google Maps.
  • Telepon sekarang Pengunjung dapat menghubungi bisnis Anda secara langsung.
  • Temukan meja. Jika bisnis Anda bergerak di bidang Makanan & Minuman (F&B), ini dapat berguna untuk memesan tempat di restoran atau tempat makan Anda.
  • Memesan Tautan yang mengarah ke toko dan halaman memesan-anda.
  • Membuat janji. Buat janji jika layanan yang Anda tawarkan tatap muka atau melalui layanan panggilan video.
  • Kirim pesan kepada kami (WhatsApp). Seorang pengunjung situs web dapat menghubungi Anda melalui aplikasi perpesanan WhatsApp.

Ada beberapa kiat lain yang disediakan oleh Google Bisnisku untuk mendukung kinerja bisnis Anda melalui Google, yang dapat Anda akses dari sini.

Menggunakan Domain Anda Sendiri di Situs Web Google Bisnisku

Situs web gratis dari Google Bisnisku ini memang cocok untuk digunakan jika bisnis Anda tidak memerlukan pembaruan informasi. Tetapi, jika bisnis Anda terus memperbarui katalog, perubahan harga, lokasi toko, dll., Anda membutuhkannya hosting dan domain dengan fitur yang lebih andal.

Menurut penelitian Journal Search Engine, 22% konsumen selalu memeriksa situs web sebelum mereka memutuskan untuk menggunakan layanan atau produk bisnis situs web itu. Artinya, kredibilitas bisnis Anda juga perlu dipertimbangkan ketika membentuk kepercayaan dari pelanggan.

Jika Anda memutuskan untuk membuatnya situs web-Anda sendiri, Anda dapat mengunjungi halaman hosting Dewaweb. Setelah itu, pilih paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin mendapatkan tema dan plugin premium serta domain gratis seumur hidup, Anda dapat membeli setidaknya satu paket Warrior selama setahun.

Setelah memiliki domain dan hosting sendiri, Anda dapat mengubah nama domain di Google Bisnisku. Ikuti metode berikut:

  1. Di halaman dasbor, pilih Info di menu sebelah kiri seperti yang ditunjukkan di bawah ini.
    situs web situs gratis 2
  2. Gulir sampai Anda menemukan alamat situs yang ingin Anda ubah lalu klik Edit yang ditandai dengan ikon pensil seperti yang ditunjukkan.
    edit domain gratis situs web pensil "width =" 696 "height =" 350
  3. Ubah nama domain dengan ekstensi ".business.site" menjadi nama domain Anda.
    situs web gratis mengubah ekstensi "width =" 404 "height =" 211
  4. Selesai!

Kesimpulan

Dalam artikel ini Anda telah belajar cara mendapatkannya situs web gratis melalui Google Bisnisku, yang berguna untuk bisnismu. Meskipun Google Bisnisku memang cocok untuk meningkatkan kredibilitas bisnis, tetapi fitur situs web gratis tidak cocok jika Anda ingin menampilkan informasi yang lebih lengkap terkait dengan bisnis Anda di Google.

Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah mengingatkan bisnis atau kredibilitas merek-mu online yaitu dengan membuat situs web. Namun pastikan lagi, saat memilih hosting, Anda harus menggunakan hosting yang aman dan cepat agar selalu andal. Semoga artikel ini membantu!

Daftarkan dan tonton webinar Dewatalks

Posting Membuat Situs Web Gratis dengan Google Bisnisku muncul pertama kali di Dewaweb Blog.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*